Apa itu Cloud Computing dan Ketahui Cara Kerjanya

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui tentang apa itu cloud computing. Cloud computing atau komputasi awan merupakan gabungan berbagai teknologi terbaru komputer yang melibatkan pengembangan berbasis internet. Dalam sistem yang ditawarkan komputasi awan ini pengguna bisa mengakses seluruh jaringan dan infrastruktur lainnya tanpa harus mengetahui seluruh spesifikasi yang diberikan. Sehingga melalui jaringan internet pengguna bisa dengan mudah mendapatkan layanan yang diberikan pada komputasi awan seperti ini. Namun, beberapa ahli komputer menyebut bahwa Cloud Computing merupakan seluruh fasilitas dan informasi penting yang disimpan di dalam server internet secara permanen dan bisa digunakan oleh pengguna melalui beberapa client seperti desktop, tablet, smartphone dan lainnya secara sementara. Pengguna juga bisa mengakses kembali seluruh data yang tersimpan melalui perangkat lainnya.

Apa itu Cloud Computing dan Ketahui Cara Kerjanya

Mengenal Cara Kerja Cloud Computing

Cara kerja tentang apa itu cloud computing dimulai dari penginstalan sistem operasi pada aplikasi yang telah tersedia. Jaringan komputer yang telah tersedia lalu membentuk hal yang disebut dengan awan. Pada server ini akan memudahkan anda untuk menjalankan berbagai aplikasi seperti email, data processing, hingga sampai analisis data yang sangat berat. Cloud computing akan menentukan lokasi dari pengguna Internet Protokol. Setelah itu, berbagai provider Domain Name System (DNS) akan mengarahkan pengguna internet menuju server komputasi awan yang laing dekat. Sehingga hal ini akan memudahkan mereka untuk menggunakan berbagai layanan dengan mudah. Biasanya pengguna tidak melakukan login melalui username dan password. Pengguna hanya menggunakan id yang telah disediakan dan cookie melalui browser. Seluruh data yang disajikan biasanya berasal dari webserver yang akan menjalankan berbagai perintah atau instruksi. Biasanya perintah itu terdiri dari click, typing, uploading dan lainnya. Informasi yang dimasukkan ke dalam server itu kemudian akan diterapkan dengan halaman yang akan selalu diperbaharui. Bahkan, banyak data yang berada di server itu akan disinkronisaikan ke banyak server di seluruh dunia.

Software as a Service (SaaS)

Software as a Service merupakan salah satu dari layanan Cloud Computing yang memudahkan pengguna dengan berbagai pilihan aplikasi atau software yang langsung tersedia. Tentu saja pengguna layanan ini akan mengelola seluruh platform dan spesifikasi melalui aplikasi yang telah disediakan. Beberapa pilihan layanan yang bisa digunakan melalui Cloud Computing ini seperti layanan email dari Gmail, Yahoo Mail, Outlook, dan lainnya. Selain itu, ada juga penyedia jasa Cloud Computing yang menyertakan beberapa pilihan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Google+. Tentu saja adanya pilihan layanan ini akan memudahkan pengguna untuk menentukan berbagai pilihan aplikasi yang akan langsung digunakan. Bahkan, pengguna juga tidak akan mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan layanan berbayar lainnya dengan fungsi sama. Pengguna layanan ini hanya membutuhkan jaringan internet untuk bisa menggunakan seluruh aplikasi yang telah disediakan.

apa itu cloud computing
apa itu cloud computing

Platform as a Service (PaaS)

Platform as a Service merupakan salah satu layanan yang juga menjadi bagian dari apa itu cloud computing. Biasanya layanan seperti ini juga terintegrasi dengan sistem operasi yang telah terinstal dengan sangat baik. Bahkan, beberapa aplikasi lainnya juga melibatkan database, web server, hingga framework untuk memudahkan penggunaan dari seluruh layanan komputasi awan ini. Penyedia layanan yang memberikan kemudahan ini biasanya memiliki tanggungjawab untuk melakukan pemeliharaan terhadap seluruh aplikasi. Sehingga pengguna bisa fokus untuk melakukan developing melalui berbagai pilihan aplikasi itu.

Infrastructure as a Service (IaaS)

Infrastructure as a Service adalah pilihan lain yang disediakan komputasi awan melalui berbagai layanan terbaik dengan spesifikasi yang sangat menarik. Melalui layanan ini pengguna bisa menentukan beberapa pengaturan yang melibatkan kekuatan dari CPU, RAM, kapasitas penyimpanan, penggunaan bandwidth dan lainnya. Seluruh spesifikasi seperti ini biasanya digunakan untuk mendapatkan komputer secara virtual. Bahkan, beberapa pengguna juga memaksimalkan komputer virtual ini dengan melakukan instal sistem operasi dan banyak software lainnya. Tentu saja pengguna hanya membutuhkan jaringan internet untuk melakukan akses dari komputasi awan ini. Namun, biaya yang dibutuhkan biasanya cenderung sangat mahal. Tetapi biaya untuk komputer virtual ini lebih murah dibandingkan harus merakit komputer fisik dengan spesifikasi yang sama. Inilah hal mendasar tentang apa itu cloud computing.

 

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *