Apa itu Docker dan Bagaimana Cara Menggunakanya

bagi sebagian orang pasti sudah mengenal apa itu docker, fungsi dari docker dan bagaimana cara menggunakan docker itu sendiri.

Pengenalan Apa Itu Docker

apa itu docker dan bagaimana cara menggunakanya

apa itu docker dan bagaimana cara menggunakanya

Docker adalah sebuah projek open source, yang awalnya di kembangkan oleh Solomon Hykes sebagai project internal di dotCloud pada tahun 2009, nah pada tahun 2013 dotCloud berubah nama menjadi  Docker. Docker merupakan sebuah aplikasi yang memiliki fungsi sebagai wadah (biasanya orang-orang nyebutnya container), yang memungkinkan para developer untuk melakukan memasukkan sebuah software secara lengkap beserta semua hal lainnya yang dibutuhkan oleh software tersebut dapat berfungsi. Pengaturan software beserta file dan hal pendukung lainnya akan menjadi sebuah Image (istilah oleh docker). nah Kemudian sebuah instan dari Image tersebut kemudian disebut Container.

arsitektur docker

arsitektur docker

Perbedaan Docker dengan Virtual Machine

Perbedaan dasar antara Docker dengan Virtual Machine ialah terletak pada metodenya, yaitu aplikasi berjalan di atas hypervisor dan guest OS, sedangkan docker dapat menjalankan aplikasi langsung tanpa kedua hal tadi. Docker sendiri juga dilengkapi dengan fitur sandbox yang menjamin para Developer dan sysadmin tidak terganggu. Sandbox di istilah keamanan komputer adalah mekanisme pemisahan aplikasi atau program tanpa mengganggu host (isolasi). nah, Bagi pengembang, sandbox Menjamin aplikasinya dapat berjalan tanpa ada gangguan atas perubahan lingkungan host. Sedangkan untuk sysadmin sendiri menjamin host server yang dikelola tidak terganggu dan dapat melakukan update tanpa takut mengganggu aplikasi yang sedang berjalan.

jadi dengan adanya Docker, Developer dapat mengefektifkan waktu mereka dengan menghilangkan proses konfigurasi yang cocok dengan programnya. Selain itu, berkat fitur sandbox, pengembang leluasa untuk berkreasi tanpa takut merusak programnya. Terakhir docker menjamin program yang kita buat, akan selamanya berjalan seperti seharusnya. Pemaketan aplikasi dan seluruh kebutuhannya, memastikan aplikasi berjalan lancer pada kondisi lingkungan apapun.

Perintah Perintah Dasar di Docker

bagi kamu yang terbiasa menggunakan Linux, saya rasa tidak bakal kesulitan menggunakan perintah-perintah dasar yang ada di docker, karena umumnya perintah yang ada di Docker di lakukan dengan CLI (command line interface) .

untuk tau apa aja perintah dasar di linux kamu bisa langsung ke halaman ini ya :
https://docs.docker.com/engine/reference/commandline/

Download Video Tutorial Dasar Docker untuk Pemula sampai Advance

Leave a Reply