Apa itu Web of Things dan Perbedaan Dengan Internet of Things

Web of Things atau yang sering disebut dengan WOT adalah hal yang menjadi bagian dari pendekatan, arsitektur yang digunakan dalam perangkat lunak hingga pola pemrograman yang melibatkan World Wide Web atau WWW. Hal utama dari apa itu web of things yang menjadi bagian dari hal ini juga menyediakan banyak lapisan aplikasi yang memaksimalkan fungsi dari internet. Ada banyak perkembangan web of things yang saat ini sudah diterapkan dalam kehidupan dunia nyata. Anda bisa melihat penggunaan hal ini untuk REST, HTTP, kemudian untuk semantik Web seperti Microdata, hingga social web seperti jejaring sosial dengan berbagai jenis. Tentu saja perkembangan seperti ini akan melibatkan banyak ekosistem dan penggunaan jaringan internet

Apa itu web of things dan perbedaan dengan internet of things

apa itu web of things dan perbedaan dengan internet of things

apa itu web of things dan perbedaan dengan internet of things

Perbedaan web of things dengan internet of Things

Pendekatan perkembangan teknologi yang melibatkan WOT dan IOT memang selalu menjadi perdebatan. Apalagi fungsi penting dari perkembangan teknologi ini juga melibatkan jaringan internet yang sangat baik. Sebenarnya web of things akan berhubungan dengan penerapan dari internet of things. Namun, skala yang dihadirkan biasanya disesuaikan dengan fungsi dari masing-masing elemen. Perbedaan dari WOT dan IOT biasanya terletak pada hasil fungsi yang diberikan untuk menghadirkan informasi yang dibutuhkan.

perbedaan web of things dengan internet of things

perbedaan web of things dengan internet of things

Apa itu web of things lebih mengedepankan dasar-dasar dari penggunaan jaringan dan web sebagai pondasi utama. Biasanya hal ini dilakukan dengan melibatkan beberapa elemen seperti HTTP, JSON, WebSockets dan lainnya. Hasil akhir yang diterapkan dari teknologi ini seperti web yang bisa dijangkau oleh orang lain di seluruh dunia. Bahkan, penggunaan elemen dari web of things ini juga bisa memudahkan banyak pekerjaan tanpa terbatas ruang dan waktu. Namun, pada penerapan internet of things lebih mengutamakan fungsi penting dari banyak bagian aplikasi dan program populer yang lebih mudah untuk dikembangkan. Perkembangan pada internet of things biasanya akan melibatkan banyak perangkat tambahan. Bahkan, teknologi ini cenderung sangat populer dengan integrasi terhadap banyak pengaturan sistem yang lebih baik. Misalnya saja, anda bisa mendapatkan kondisi seluruh bagian rumah hingga kondisi makanan dalam lemari es melalui email yang dikirimkan dari teknologi yang terintegrasi di dalam lemari es. Banyak orang menilai bahwa bagian dari internet of things seperti ini menjadi penemuan yang melibatkan teknologi internet.

Sebenarnya perbedaan yang cukup signifikan terhadap masing-masing fungsi yang dihadirkan pada Web of Things dan Internet of Things memliki tujuan yang sama. Anda akan mendapatkan kemudahan terhadap fungsi penting dari jaringan internet dengan teknologi yang berada di sekitar lingkungan anda. Namun, jangkauan yang diberikan pada web of things lebih luas dibandingkan dengan internet of things. Melalui apa itu web of things anda bisa menawarkan berbagai produk atau jasa kepada banyak orang di seluruh dunia. Misalnya dengan memiliki web yang terintegrasi dengan jasa hotel atau pariwisata online. Sehingga membuat banyak orang lebih mudah untuk mendapatkan harga hotel yang lebih murah. Biasanya hal ini akan lebih banyak menjangkau pengguna. Sebaliknya, internet of things hanya menjangkau dari user utama yaitu anda sendiri melalui perangkat atau device yang terintegrasi dengan berbagai aplikasi. Informasi yang ditawarkan dari perangkat ini juga hanya anda yang membutuhkan.

protokol web of thing

protokol web of thing

Beberapa contoh penerapan web of things

Sebenarnya ada banyak penerapan dari web of things yang bisa anda gunakan untuk mempermudah seluruh kegiatan anda. Salah satu penerapan dari teknologi ini seperti e-commerce, e-traveling dan lainnya. Jasa dan produk menjadi bagian penting dari web of things. Anda bisa menemukan banyak pilihan produk terbaik dan terbaru yang memberikan fungsi dari kehidupan anda. Bahkan, untuk mendapatkan seluruh pilihan produk ini anda hanya mengunjungi beberapa e-commerce yang menawarkan berbagai pilihan menarik. Penerapan dari salah satu produk dari web of things ini tidak terbatas ruang dan waktu. Hal ini berarti anda bisa kapan saja dan dimanapun mengakses web yang berisi produk yang dibutuhkan.

Perkembangan tentang apa itu web of things juga terjadi pada kehidupan sosial anda di internet. Anda bisa mengakses dengan mudah berbagai jenis sosial media dan membagi pengalaman anda di sana. Apalagi saat ini ada banyak pilihan sosial media yang bisa digunakan secara bersamaan.

Leave a Reply