Apa yang Mempengaruhi Minat Belanja Online Seseorang

Minat belanja online dapat dijelaskan dengan teori Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis (1989). Pada teori ini setidaknya ada dua faktor penting yang mempengaruhi seseorang untuk mau menggunakan teknologi dalam hal ini belanja online.

apa yang mempengaruhi minat belanja online

apa yang mempengaruhi minat belanja online

Faktor yang Mempengaruhi Minat Belanja Online

Persepsi Kegunaan / Manfaat

Seseorang akan tertarik melakukan belanja online apabila merasa bahwa belanja online memiliki manfaat yang lebih daripada belanja offline.

Persepsi Kemudahan Penggunaan

Di samping persepsi akan manfaat, seseorang akan berminat melakukan belanja online apabila tidak mengalami kesulitan ketika berbelanja online atau dengan kata lain orang tersebut telah memahami dengan baik mengenai prosedur atau cara-cara berbelanja online.

Salah satu penelitian yang mendukung teori ini yakni penelitian yang dilakukan oleh Heriyanti dkk (2016) dengan menggunakan kuesioner online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunanaan dan persepsi kemudahan penggunaan mempengaruhi niat menggunakan smartphone untuk belanja online.

Lalu Bagaimana Cara Menerapkan Teori Tersebut untuk Menggaet Pembeli?

Pertama, seperti yang kita ketahui bahwa secara umum belanja online dipandang dapat menghemat biaya, waktu, dan tenaga.

Untuk itu sebagai pelaku bisnis online, salah satu cara yang dapat digunakan yakni dengan menawarkan diskon atau cukup dengan menggunakan jasa kurir yang lebih murah sehingga konsumen merasa diuntungkan dari segi biaya bila melakukan transaksi dengan Anda.

Kedua, terdapat banyak sekali jenis prosedur yang dapat diterapkan untuk transaksi online terutama dari sisi metode pembayaran dan setiap orang merasa lebih nyaman dengan metode pembayaran tertentu.

Oleh sebab itu, Anda sebagai pelaku bisnis online sebaiknya menerapkan lebih banyak metode pembayaran mulai dari cash on delivery (COD), transfer ATM, hingga penggunaan kartu kredit.

Referensi :

Indrayana, B., Seminar, K.B. and Sartono, B., 2016. Faktor Penentu Minat Penggunaan Instagram Untuk Pembelian Online Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory Of Planned Behavior (TPB). Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) E-Journal, 2(2).

Heriyanti, N. and Firdaus, M.R., 2016. Analisis Belanja Online Melalui Smartphone Dengan Menggunakan Extended Technology Acceptance Model. Jurnal Wawasan Manajemen, 1(3).

Leave a Reply