Memahami Cara Kerja Search Engine Google dalam Merangking Blog

Pentingnya Memahasi Cara Kerja Search Engine merupakan sebuah keharusan bila anda ingin menjadi sekedar Blogger maupun Webmaster,  Search Engine perangkat lunak yang didesain untuk mencari informasi di web. Google Merupakan salah satu yang  paling populer di dunia. Search engine google membantu mencari informasi yang dibutuhkan secara cepat dan efektif. dengan algoritmanya, google memberikan jawaban terbaik dari perintah yang kita berikan, itu juga yang menyebabkan banyak sekali penggiat bisnis memanfaatkan Google untuk memromosikan produknya.

Hasil pencarian dari mesin pencari ini berupa informasi-informasi dari berbagai situs blog, website, video, gambar maupun situs lain yang berkaitan dengan kata kunci yang telah dimasukkan di search engine. Informasi-informasi yang ditampilkan akan diurutkan sesuai dengan peringkat prioritas yang disebut PageRank. Penentuan peringkat prioritas sebuah blog maupun situs lainnya dalam search engine dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini akan saya ulas tentang cara kerja Search Engine Google sebagai seach engine paling sering digunakan.

Cara Kerja Search Engine Google dalam Merangking Blog

Cara Kerja Search Engine
Cara Kerja Search Engine
  1. Algoritma

Prinsip kerja utama dari search engine google yaitu dengan menggunakan Rumus Algoritma. Rumus algoritma membantu search engine melakukan Ranking terhadap beberapa blog yang ada di situs web. Dari hasil Ranking yang telah dilakukan, alogaritma ini akan mengumpulkan dan mengurutkan blog yang paling berkaitan dengan kata kunci yang telah dimasukkan dalam search engine.

Algoritma Google ini juga semakin canggih dengan kemampuannya menendang situs-situs yang melanggar kebijakan mereka. Update terakhir yang paling populer dan ramai dibicarakan pebisnis online adalah “Fred”.

  1. Web Crawling

Web crawling merupakan salah satu langkah kerja dari search engine dalam merangking blog. Melalui Web Crawling, Search Engine Google akan mendapatkan informasi dari semua situs blog. Dalam melakukan pencarian, web crawling pada Google search dibantu oleh Googlebot. Googlebot merupakan sebuah program yang berfungsi untuk mengunduh situs-situs yang telah ditemukan. Ketentuan blog yang dicari oleh Googlebot dilakukan dengan menggunakan proses alogaritma.

  1. Indexing

Indexing bertujuan untuk melakukan proses pengindeksan dokumen yang telah dikujungi dan diunduh oleh Googlebot. Daftar tersebut berisi uraian singkat dari setiap situs dan blog yang telah dikumpulkan, sehingga apabila pengguna memasukkan keyword pencarian akan langsung ditampilkan oleh indeks.

  1. Ranking

Rangking merupakan tahapan terakhir dari cara kerja search engine Google sebelum ditampilkan. Proses perangkingan didasarkan atas bobot suatu blog yaitu dengan mengetahui frekuensi kemunculan kata kunci pada setiap blog.  Blog yang memiliki baclink dan sumber-sumber yang berkualitas dari website eksternal akan mendapatkan peringkat yang tinggi. Selain itu dalam proses perangkingan juga didasarkan atas kemunculan kata lain yang sangat relevan dan berkaitan dengan kata kunci.

Nah, kalau Anda ingin mencapai di posisi halaman pertama Google, pastinya memahami cara kerja search engine dalam merangking blog harus betul-betul dipahami. Hindari juga bermain curang (black hat), karena Google bisa menendang situs Anda.

 

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *