Computer Anxiety : Ketakutan terhadap Komputer

Kita mungkin menganggap komputer sebagai teknologi yang menyenangkan karena benar-benar dapat mempermudah pekerjaan kita. Namun, tidak semua orang menyukai menggunakan komputer di dalam pekerjaannya. Pernahkah melihat teman atau orang lain yang berusaha menghindari penggunaan komputer? Ya orang-orang ini disebut mengalami computer anxiety.

Computer Anxiety didefinisikan sebagai ketakutan individu dalam menggunakan komputer. Setiap orang mengalami reaksi kecemasan yang berbeda, tergantung faktor-faktornya, dan hal itu wajar saja, bila kecemasan itu hanya muncul ketika Anda memang benar-benar merasa tertekan dan tidak bisa terlepas dari tekanan itu. Hal yang tidak wajar adalah ketika Anda mengalami kecemasan hanya karena hal sepele, termasuk merasa cemas dan gelisah ketika Anda berada disepan komputer.

computer anxiety - ketakutan terhadap komputer

computer anxiety – ketakutan terhadap komputer

faktor yang dapat mempengaruhi tingkat computer anxiety seseorang.

  1. Pengalaman menggunakan komputer

Semakin banyak pengalaman seseorang dalam menggunakan komputer, maka semakin rendah tingkat computer anxiety-nya. Begitu pula dengan individu yang memiliki komputer di rumah juga memiliki tingkat computer anxiety yang lebih rendah daripada invidividu yang tidak memiliki komputer di rumahnya.

2. Faktor Gender

Penelitian menunjukkan bahwa wanita cenderung memiliki computer anxiety yang lebih tinggi daripada pria. Diduga hal ini disebabkan karena pria lebih banyak menghabiskan waktunya di depan komputer sehingga memiliki lebih banyak pengalaman dibandingkan dengan wanita.

3. Faktor Umur

Hasil penelitian antara hubungan faktor umur dengan computer anxiety masih bervariasi. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang lebih tua memiliki computer anxiety dan ada pula yang menemukan hal yang sebaliknya. Diduga hal ini juga disebabkan karena perbedaan pengalaman dalam menggunakan komputer.

4. Ciri Kepribadian

Ciri kepribadian sosial dan artistik cenderung memiliki computer anxiety yang lebih tinggi daripada empat kepribadian lain yakni : realistis, investigatif, giat, dan konvensional.

5. Ketakutan terhadap Matematika

Individu dengan kemampuan matematika yang tinggi memiliki computer anxiety yang lebih rendah

6. Latar Belakang Sosial Ekonomi

Hal ini disebabkan karena individu dari kelas menengah ke atas cenderung memiliki komputer di rumahnya sehingga computer anxietynya lebih rendah daripada individu yang berasal dari kelas menengah ke bawah.

7. Budaya

Collis dan Williams (1987) meneliti siswa sekolah tinggi Kanada dan Tiongkok dan menemukan bahwa mahasiswa Tiongkok memiliki sikap yang lebih positif terhadap komputer.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Ketakutan terhadap Komputer ini

Berdasarkan faktor-faktor yang dijelaskan di atas sudah jelas bahwa computer anxiety timbul sebagai akibat dari kurangnya pengalaman dalam menggunakan komputer. Oleh karena itu cara yang paling efektif yakni dengan memberikan pelatihan komputer secara berkala kepada individu yang memiliki computer anxiety yang tinggi.

Terapi dengan menggunakan Binaural Beats Computer Anxiety

Terapi Binaural Beats Computer Anxiety diciptakan dengan menggunakan frekwensi gelombang otak yang telah disesuaikan, sehingga stimulasi gelombang otak dan visualisasi diri yang Anda lakukan akan bekerja secara efektif untuk menghilangkan gangguan kecemasan tersebut. Saat Anda menggunakan terapi ini, maka pikiran bawah sadar Anda akan mampu Anda kontrol, sehingga saat Anda melakukan visualisasi terhadap diri Anda, visualisasi atau bayangan tentang diri Anda tersebut bisa tercipta dalam kenyataan atau dalam kepribadian Anda.

Cara menggunakan terapi ini sangat mudah, karena Anda tinggal mendengarkan melalui headphone, kemudian menerima dan merasakan stimulasi dari terapi ini dengan cara mata Anda dipejamkan, setelah Anda bisa dalam kondisi rileks, Anda bisa melakukan visualisasi, dan dalam proses inilah Anda akan merasakan bahwa tubuh Anda mulai terasa nyaman, perasaan Anda merasa tenang dan Anda serasa mampu mengendalikan emosi perasaan Anda, Anda mampu menguasai perasaan yang tumbuh didalan pikiran dan hati Anda.

Mungkin Anda akan merasa kesulitan untuk melakukan visualisasi karena Anda belum mengetahui caranya. Jika Anda menggunakan terapi ini, maka Anda bisa melakukan beberapa contoh visualisasi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam mengatasi perasaan cemas ketika Anda didalam komputer. Berikut contoh visualisasi yang bisa Anda lakukan:

Yang perlu Anda ketahui adalah, tidak semua harapan dan keinginan Anda itu terjadi pada saat itu pula, jadi Anda harus melakukan hal ini secara rutin, dan lihat perubahan pada diri Anda. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, maka gunakanlah terapi ini secara rutin setiap harinya sekali lagi, Anda harus yakin bahwa Anda bisa. Selamat dengan diri Anda yang baru!!!

Referensi :

Chien, T.C., 2008. Factors Influencing Computer Anxiety and Its Impact on E-Learning Effectiveness: A Review of Literature. Online Submission.

Leave a Reply