Beberapa Alasan Kenapa Harus Memiliki Sertifikat CCNA

Anda harus tahu bahwa sertifikat CCNA tidak hanya dibutuhkan untuk karir dalam industri jaringan atau networking. Sertifikat ini juga berfungsi bagi anda untuk mengenalkan skill atau kemampuan yang dimiliki kepada seluruh pelaku dunia networking. Tentu saja sertifikasi yang diberikan bagi anda hanya berdasarkan kepada kemampuan. Sehingga sertifikat ini akan bersinergi terhadap pengalaman dalam bidang networking yang dibutuhkan pada banyak orang. Hal penting yang harus anda ingat bahwa pengalaman yang cukup lama dalam dunia tidak selalu dibutuhkan tanpa sertifikasi yang lebih baik. Hal ini yang bisa menjadi alasan penting kenapa harus memiliki sertifikat ccna.

kenapa harus memiliki sertifikat ccna
kenapa harus memiliki sertifikat ccna

Kenapa Harus Memiliki Sertifikat CCNA

Ada beberapa pilihan sertifikat yang bisa anda dapatkan melalui uji dari networking ini. Beberapa macam sertifikat yang bisa anda dapatkan seperti:

  1. CCENT (Cisco Certified Entry Networking Technician) yang merupakan sertifikat tingkat pertama atau awal.
  2. CCNA (Cisco Certified Network Associate) adalah bagian dari sertifikat tingkat lanjutan dari level pertama.
  3. CCDA (Cisco Certified Design Associate). Sertifikat ini merupakan bagian dari tingkat pondasi dalam
    perancangan jaringan.
  4. CCNA Security. Sertifikat ini akan diberikan bagi anda yang telah lulus dari pengembangan infrastruktur keamanan dalam jaringan.
  5. CCNA Voice. Sertifikat ini diberikan bagi anda yang telah lulus dalam pengembangan jaringan VoIP. Teknologi pada jaringan ini melibatkan IP telephony, voicemail, dan lainnya.
  6. CCNA Wireless. Biasanya sertifikat ini lebih ditekankan pada seputar dunia wireless seperti implementasi jaringan WLAN yang benar.
contoh sertifikat ccna dari cisco
contoh sertifikat ccna dari cisco

Berikut ini ada beberapa alasan yang bisa anda pertimbangkan kenapa harus memiliki sertifikat ccna. Seperti:

Reputasi Cisco sebagai pelaku industri networking

Anda harus ingat bahwa Cisco System merupakan salah satu perusahaan terbaik dan paling dikenal oleh banyak orang yang juga menjadi penyedia berbagai kebutuhan terhadap networking atau jaringan IT. Seluruh teknologi terbaru yang ditawarkan Cisco akan memudahkan kita untuk terjun langsung ke dunia networking tanpa harus tertekan dengan pengalaman dan skill tertentu.

CCNA akan menawarkan teori dasar yang sangat kuat

Tentu saja anda akan membutuhkan teori penerapan networking yang sangat baik. Namun, teori seperti ini harus terintegrasi dengan sangat baik melalui skill yang akan dikembangkan dalam karir yang anda inginkan. Apalagi untuk mendapatkan sertifikat CCNA ini membutuhkan energy yang sangat besar dan kemampuan konsentrasi yang sangat tingi dibandingkan dengan ujian lainnya. Bahkan, anda juga harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mendapatkan sertifikat ini.

CCNA akan memberikan kemudahan terhadap penilaian atau standariasi networking

Anda akan mendapatkan pengalaman ilmu baru dan tentunya penilaian terbaik tentang standarisasi networking di seluruh dunia. Apalagi Cisco sebagai salah satu pelaku industri networking memiliki banyak produk yang dibutuhkan di seluruh dunia. Sehingga anda memiliki kesempatan untuk menguasai seluruh produk teknologi dari Cisco melalui implementasi yang lebih baik.

Tentu saja anda harus mempertimbangkan banyak kemampuan atau skill yang dibutuhkan tentang kenapa harus memiliki sertifikat ccna. Anda harus memilki fokus utama terhadap penilaian yang dimiliki melalui Planning & Designing, Implementation & Operation, Implement a LAN, Troubleshooting, dan Technology. Masing-masing dari kemampuan yang dibutuhkan ini juga terintegrasi dengan seluruh teori yang biasanya akan diuji. Misalnya kemampuan Planning & Designing akan membutuhkan penerapan pengaturan teknologi jaringan sederhana yang menggunakan teknologi dari Cisco. Kemudian kemampuan Implementation & Operation, Implement a LAN biasanya akan melibatkan konfigurasi router yang digunakan untuk fungsi administrasi tambahan.

Saat ini ada banyak lembaga yang memiliki reputasi baik sebagai penyelenggara sertifikat CCNA. Bahkan, beberapa kampus di Indonesia juga sudah memberikan kemudahan bagi anda untuk mengikuti ujian mendapatkan sertifikat ini. Namun, anda harus mempertimbangkan estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti ujian ini. Biasanya biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikat CCNA ini sekitar $295. Anda akan dikenakan biaya tambahan melalui lembaga yang melakukan sertifikasi ini. Total yang dibutuhkan bisa mencapai sekitar $325.

Hal penting yang harus anda ketahui adalah masa aktif dari sertifikat ini adalah 3 tahun. Namun, anda tidak perlu khawatir karena masa berlaku dari sertifikat ini bisa diperpanjang dengan mengikuti ujian CCNA kembali. Itulah saran dasar dari kenapa harus memiliki sertifikat ccna.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *