Pertimbangan Utama Kenapa Harus Memiliki Sertifikat Dari CompTIA

Ada beberapa pertimbangan yang harus anda perhatikan kenapa harus memiliki sertifikat dari CompTIA. Bahkan, sertifikasi seperti ini juga dianggap memberikan dampak penting terhadap karir dalam industri networking hingga instalasi komputer. Anda bisa menggunakan sertifikasi ini untuk mendapatkan pengakuan dari perusahaan hingga mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Hal ini juga akan memberikan dampak yang sangat baik terhadap seluruh bagian kehidupan anda untuk memperluas ilmu tentang networking atau jaringan hingga pengembangan teknologi instalasi komputer. Bagian penting dari kenapa harus memiliki sertifikat dari CompTIA ini juga akan melibatkan kemampuan yang anda miliki dan implementasi dasar teori hingga praktik dalam waktu tertentu.

Kenapa Harus Memiliki Sertifikat Dari CompTIA

kenapa harus memiliki sertifikat dari comptia
kenapa harus memiliki sertifikat dari comptia

Beberapa alasan kenapa harus memiliki sertifikat dari CompTIA seperti:

Mendapatkan nilai plus dalam peningkatan persaingan dalam bidang networking

Saat ini sudah banyak lulusan IT yang ingin bekerja dalam industri networking. Sehingga hal ini akan membuat anda akan mendapatkan persaingan yang lebih terbuka. Kemampuan dan pengalaman yang sangat baik tidak cukup untuk mendapatkan pengakuan dari berbagai perusahaan. Sehingga anda butuh legalisasi dengan bukti kemampuan teori yang lebih baik. Hal ini yang menjadi dasar bagi anda untuk menerapkan sertifikasi. Apalagi sertifikasi ini bisa menjadi acuan dan pedoman untuk memperhitungkan kondisi pekerjaan yang anda lakukan.

Mendapatkan pengakuan kompetensi dari perusahaan

Perusahaan yang bergerak di bidang jaringan tentu akan lebih mempertimbangkan skill dan legalisasi. Apalagi beberapa perusahaan juga akan menerapkan sertifikasi sebagai pedoman penting yang memudahkan anda untuk mendapatkan posisi yang lebih baik. Sertifikasi yang anda dapatkan juga memberikan kesempatan untuk berkarir di luar negeri. Peluang ini sangat terbuka bagi industri jaringan atau networking.

Meningkatkan peluang karir anda

Tentu saja peluang karir yang anda butuhkan akan didukung dengan sertifikasi dan kemampuan yang lebih baik. Semakin banyak sertifikasi yang anda dapatkan maka anda juga akan semakin mudah untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih baik. Bahkan, sertifikasi ini juga memiliki masa berlaku. Sehingga waktu yang anda butuhkan juga tidak terlalu banyak untuk menempuh tingkatan karir lebih tinggi.

Institute for Certification of Computing Professionals (CompTIA) menawarkan berbagai pilihan sertifikat yang anda butuhkan. Tentu saja instituasi ini akan memberikan kemudahan bagi anda untuk mendapatkan kenapa harus memiliki sertifikat dari CompTIA. Apalagi institusi ini memiliki anggota yang terlibat langsung dalam perkembangan industri teknologi jaringan seperti Microsoft, Intel, IBM, hingga CISCO. Pilihan sertifikat yang akan diberikan terdiri dari:

  1. A+ (Entry Level Computer Service). Sertifikat ini akan diberikan untuk profesional yang memiliki kompetensi terbaik dalam bidang teknisi komputer dengan pengalaman yang cukup baik.
  2. Network+ (Network Support and Administration). Sertifikat ini akan diberikan bagi anda yang memiliki orientasi sangat mengesankan di bidang jaringan komputer dalam waktu tertentu.
  3. Security+ (Computer and Information Security). Sertifikat ini akan diberikan bagi anda yang memiliki implementasi terbaik dari bidang keamanan jaringan dan teknologi komputer. Sertifikat sepreti ini semakin banyak dibutuhkan perusahaan yang bergerak di bidang jaringan atau networking hingga pengembangan teknologi komputasi.
  4. HTI+ (Home Technology Installation). Sertifikat ini akan diberikan bagi anda yang memiliki kemampuan terbaik secara teori maupun praktik dalam bidang instalasi sampai pemeliharaan jaringan skala rumah.
  5. IT Project+ (IT Project Management). Ini adalah sertifikat yang akan diberikan bagi anda yang telah lulus dan memiliki implementasi terbaik dalam manajemen proyek di bidang jaringan teknologi infomrasi.

Anda bisa mendapatkan salah satu atau seluruh sertifikat ini dengan mengikuti ujian yang diselenggarakan beberapa institusi. Apalagi ada banyak institusi pendidikan IT yang bergerak dalam mendukung industri jaringan. Namun, pilihan dari institusi ini juga menawarkan biaya yang cukup berbeda. Biasanya anda akan dikenakan biaya sekitar 2 – 3 juta rupiah untuk mendapatkan salah satu sertifikat itu. Selain itu, masa berlaku dari sertifikat ini akan disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Biasanya sertifikat yang disediakan dari CompTIA akan berlaku selama 3 tahun.

Anda bisa melakukan perpanjangan masa berlaku sertifikat ini dengan mengikuti ujian yang diselenggarakan dari berbagai institusi. Seluruh alasan ini akan menjadi dasar kenapa harus memiliki sertifikat dari CompTIA.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *