Ini yang harus anda ketahui kenapa harus memiliki sertifikat dari Mikrotik

Ada banyak alasan yang harus anda pertimbangkan kenapa harus memiliki sertifikat dari Mikrotik. Apalagi perkembangan industri networking tidak hanya membutuhkan skill yang baik namun juga pengakuan melalui sertifikasi. Tentu saja anda bisa mendapatkan sertifikasi ini melalui serangkaian ujian yang ditawarkan. Selain itu, ada banyak pilihan sertifikat yang disediakan oleh Mikrotik untuk dikelola dengan baik dan menawarakn pilihan pengakuan skill yang berbeda. Selain itu, sertifikasi yang anda dapatkan seperti ini juga akan memberikan kemudahan saat anda mendapatkan jenjang karir yang lebih tinggi. Kombinasi skill dan pengakuan melalui sertifikat semakin memudahkan anda untuk mendapatkan pengakuan dari Mikrotik.

kenapa harus memiliki sertifikat dari Mikrotik
kenapa harus memiliki sertifikat dari Mikrotik

kenapa harus memiliki sertifikat dari Mikrotik

Untuk meningkatkan pengetahuan dalam dunia networking sebenarnya tidak ada salahnya anda mengikuti program sertifikasi ini. Apalagi program ini juga memberikan kemudahan bagi anda untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih baik. Pengetahuan yang sangat sempurna dari dunia jaringan ini akan membuka wawasan anda tentang perbandingan dari masing-masing pelaku industri networking di seluruh dunia. Bahkan, ada beberapa hal lainnya yang harus anda ketahui kenapa harus memiliki sertifikat dari Mikrotik

Beberapa pilihan sertifikat dari Microtik yang bisa anda pertimbangkan memberikan fungsi yang sangat berbeda. Masing-masing dari pilihan sertifikat seperti ini juga disesuaikan dengan kemampuan dan uji teori yang anda ambil. Bahkan, anda bisa mendapatkan beberapa sertifikat dari Mikrotik sekaligus untuk membuktikan seluruh kemampuan yang anda miliki. Beberapa sertifikat dari mikrotik seperti:

  1. MTCNAMikroTik Certified Network Associate. Sertifikat ini adalah bagian yang paling dasar dalam sistem jaringan yang diuji coba. Untuk mendapatkan sertifikat ini anda harus lulus dalam ujian sertifikasi jaringan dasar.
  2. MTCREMikroTik Certified Routing Engineer. Sertifikat ini akan lebih mengedepankan kemampuan anda dalam melakukan implementasi routing.
  3. MTCWEMikroTik Certified Wireless Engineer. Sertifikat ini bisa anda dapatkan setelah anda menerapkan dan mengimplementasikan infrastruktur wireless.
  4. MTCTCEMikroTik Certified Traffic Control Engineer. Sertifikat ini akan diberikan bagi anda yang lulus dalam implementasi pengendalian trafik dalam jaringan.
  5. MTCUMEMikroTik Certified User Management Engineer. Sertifikat ini bisa anda dapatkan melalui ujian yang menerapkan jaringan bagi managing untuk pengguna.
  6. MTCINEMikroTik Certified Inter-networking Engineer. Ini adalah sertifikat terakhir yang anda dapatkan setelah melakukan ujian dengan implementasi banyak jaringan atau inter networking.

Hal yang harus anda ingat adalah untuk mendapatkan seluruh bagian dari pilihan sertifikat ini, anda harus sudah mendapatkan MTCNA sebagai syarat utama. Apalagi sertifikat ini adalah bagian dasar untuk menuju level yang lebih tinggi. Beberapa lembaga penyelenggara akan memudahkan anda untuk mendapatkan sertifikat dengan mengikuti fasilitas kursus yang disediakan. Beberapa penyelenggara sertifikasi ini biasanya memberikan modul yang berbeda dan teori yang lebih baik. Ini mungkin bisa menjadi pertimbangan kenapa harus memiliki sertifikat dari Mikrotik.

Skill yang dibutuhkan untuk mendapatkan seluruh sertifikat itu akan disesuaikan dengan masing-masing dari level yang dibutuhkan. Apalagi level ini juga memberikan kemudahan bagi anda untuk menentukan ujian yang akan diambil. Beberapa kemampuan yang harus anda miliki biasanya terdiri dari dasar-dasar (basic) Mikrotik. Dasar-dasar Mikrotik ini seperti implementasi Router OS secara umum dan pengaturan yang dibutuhkan. Selain itu, anda juga harus menguasai Firewall, QoS, Network Management untuk level medium. Kemampuan yang dibutuhkan utnuk level atas untuk mendapatkan sertifikat mikrotik harus menguasai implementasi jaringan dengan Wireless, Bridging, Routing, dan Tunnel.

Anda tidak perlu khawatir karena saat ini ada banyak lembaga yang telah menawarkan sertifikasi Mikrotik dengan fasilitas yang cukup baik. Namun, masing-masing lembaga juga memiliki hak untuk menentukan biaya yang dibutuhkan untuk melakukan ujian. Pilihan lembaga seperti ini sebaiknya diperhitungkan dengan sertifikasi penyelenggara yang didapat langsung dari Mikrotik. Biasanya biaya yang harus anda keluarkan untuk mengikuti sertifikasi ini sekitar 2 juta rupiah untuk setiap level dalam sertifikasi. Biaya ini juga akan disesuaikan dengan lembaga penyelenggara. Biaya itu juga menjadi pengaruh tentang kenapa harus memiliki sertifikat dari Mikrotik.

Masa berlaku untuk sertifikas yang berasal dari Mikrotik ini sebenarnya hampir sama dengan sertifikat lainnya. Masing-masing dari pilihan sertifikat akan berlaku selama 3 tahun. Anda bisa melakukan perpanjangan masa sertifikat dengan mengikuti ujian kembali. Bahkan, selama kurang dari tiga tahun ini anda bisa mengikuti ujian level lainnya.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *