Kenapa Harus Menggunakan CDN

CDN atau sering disebut dengan Content Delivery Networks adalah server yang memberikan kemudahan terhadap konten kepada pengguna berdasarkan letak dari lokasi pengguna akhir. nah fungsi utama dari CDN ini adalah untuk mempercepat loading. Pengalihan kepada server yang berada di sekitar lokasi pengguna menjadi bagian dari kinerja CDN. Apalagi hal ini akan meringankan web hosting yang digunakan saat banyak pengunjung yang masuk ke dalam blog anda. fungsi lain CDN juga sebagai web hosting yang akan menyimpan berbagai konten statis seperti gambar yang digunakan dalam kontent, javascripts, hingga flash. Hal ini untuk memudahkan bagi pengunjung lainnya untuk mendapatkan hasil loading web yang lebih baik. Ini menjadi dasar penting dari kenapa harus menggunakan CDN (content delivery network).

Kenapa Harus Menggunakan CDN

kenapa harus menggunakan cdn
kenapa harus menggunakan cdn

Tentu saja anda harus menggunakan CDN untuk mempermudah seluruh pengunjung mendapatkan informasi dengan baik melalui web anda. Apalagi CDN juga bisa melindungi seluruh konten dengan menyimpan di sekitar lokasi server dekat dengan pengunjung web. Sehingga secara geografis, web itu akan lebih mudah dibuka karena berdekatan dengan pengunjung web anda. Logika sederhana yang bisa anda pertimbangkan saat menggunakan CDN ini adalah semakin dekat server kepada pengunjung web, maka web anda akan semakin mudah dibuka. Apalagi saat ini ada banyak pilihan penyedia jasa CDN yang memberikan kemudahan untuk mempercepat loading web anda. Sehingga membuat anda berpikir tentang kenapa harus menggunakan CDN (content delivery network).

Pertimbangan Sebelum Menggunakan CDN

Ada beberapa hal penting yang harus anda pertimbangkan kenapa harus menggunakan CDN (content delivery network). Alasan yang akan menjadi dasar untuk menggunakan layanan ini seperti:

Banyak pengunjung web yang membutuhkan loading web sangat cepat

Layanan CDN yang terintegrasi dengan WordPress akan memberikan kemudahan dengan mempercepat loading page. Bahkan, seluruh kontent anda juga akan disimpan secara statis. Semakin cepat loading page dari web anda, maka pengunjung biasanya akan semakin nyaman dalam waktu yang cukup lama. Bahkan, kecepatan dari web anda juga akan menjadi perhitungan utama bagi Google untuk menempatkan di posisi halaman pertama. Hal ini tentu akan sangat baik untuk posisi web anda di Google.

Mengurangi resiko Resistance

Layanan Content Delivery Network dianggap bisa mengurangi resiko Resistance yang bisa membuat crash pada web anda. Sehingga layanan ini akan mendistribusikan beban hosting melalui beberapa server hingga 100 persen dari trafik. Tentu saja hal ini memudahkan anda untuk mengelola web dalam masa beban kunjung

menangkal serangan menggunakan cdn
menangkal serangan menggunakan cdn

an puncak.

Memberikan kenyamanan pengguna

Anda akan semakin nyaman saat melakukan optimasi kepada web anda tanpa terhitung waktu. Bahkan, pada saat kunjungan berada di beban puncak, anda tetap bisa memaksimalkan konten dari web itu. Tentu saja CDN juga memberikan pengaruh terhadap Bounce Rate yang semakin kecil. Hal ini akan sangat baik bagi adsense anda.

Meningkatkan SEO dengan sangat baik

Google yang menjadi search engine utama selalu melakukan pembaruan terhadap algoritma. Hal ini akan sangat menguntungkan anda. CDN akan mempercepat loading situs anda dan hal itu akan menjadi pertimbangan bagi Google untuk menempatkan situs anda di halaman pertama.

Saat ini ada banyak pilihan jasa penyedia layanan Content Delivery Network yang cenderung gratis. Bahkan, masing-masing dari layanan ini bisa memberikan kemudahan bagi situs anda. Salah satu pilihan layanan CDN yang bisa anda gunakan seperti Cloudfare. Cloudfare merupakan salah satu layanan CDN yang paling banyak digunakan web dengan engine WordPress. Ada banyak pilihan lokasi geografis yang diberikan Cloudfare bagi penggunanya. Sehingga anda bisa mempertimbangkan letak geografis yang dekat dengan pengunjung blog anda. Selain itu, Cloudfare ini juga menawarkan layanannya dengan gratis. Bandwidth yang besar pada situs WordPress anda tidak lagi menjadi masalah besar saat menggunakan layanan dari Cloudfare ini.

Mungkin anda juga bisa mencoba layanan CDN lain dengan Windows Azure. Layanan ini disediakan oleh Microsoft yang sangat handal dalam dunia Cloud Computing. Ada beberapa pilihan fitur terbaik yang disediakan layanan ini. Anda bisa memaksimalkan layanan cloud hosting hingga 10 website sekaligus, penyimpanan hingga 35 Gigabyte dan Bandwidth CDN yang mencapai 20 GB. Layanan CDN yang diberikan Windows Azure ini memang tidak gratis. Namun, jangan khawatir karena anda bisa menggunakan free trial selama 90 hari. Itulah kenapa harus menggunakan CDN (content delivery network).

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *