Memahami Pentingnya Teknologi Informasi Bagi Perusahaan Anda

Pada dasarnya teknologi dikembangan untuk mempermudah manusia dalam melaksanakan aktivitasnya. Hal ini ternyata berlaku juga di dalam menjalankan perusahaan. Ingin tahu apa saja manfaat teknologi bagi perusahaan? Simak penjelasan mengenai manfaat teknologi informasi yang dikemukakan oleh Mulyadi (2001) berikut ini.

pentingnya teknologi informasi bagi perusahaan
pentingnya teknologi informasi bagi perusahaan

Pentingnya Teknologi Informasi Bagi Perusahaan

Fungsi Operasional

Dengan menerapkan teknologi informasi, perusahaan dapat menghemat biaya untuk menggaji karyawan karena teknologi tersebut sudah dapat menggantikan peranan manusia di dalam memproses informasi yang diperlukan perusahaan.

Fungsi Pengendalian dan Pengawasan

Teknologi informasi juga dapat membantu pemilik perusahaan dalam mendapatkan informasi mengenai para manajer dan pegawainya sehingga mempermudah dalam mengawasi dan mencegah terjadinya tindakan menyimpang oleh pegawai. Salah satu contohnya yakni pemasangan CCTV di perusahaan.

Fungsi Perencanaan dan Pengambilan Keputusan

Teknologi informasi yang baik dapat menghasilkan informasi yang cepat dan akurat sehingga para pemegang kepentingan dapat mengambil keputusan secara efisien tanpa membuang banyak waktu dan biaya untuk memverifikasi kebenaran informasi tersebut.

Fungsi Komunikasi

Yang ini tidak perlu dijelaskan secara rinci, kita semua jelas sudah paham bahwa teknologi informasi dapat mempermudah komunikasi di dalam perusahaan.

Fungsi Interorganisasional

Fungsi yang terakhir ini menjelaskan bahwa teknologi informasi dapat membantu perusahaan untuk menjalin kemitraan dengan perusahaan lain. Masih belum mengerti? Contoh sederhananya yakni perusahaan supplier baju yang membangun database produknya agar para reseller dapat dengan mudah mengetahui stok barang tanpa perlu banyak bertanya kepada supllier.

Penelitian yang dilakukan oleh Simorangkir (2013) juga berhasil menemukan bahwa penerapan teknologi informasi berpengaruh positif terhadap kinerja para manajer di PT Pelabuhan Indonesia 1 yang berlokasi di Sumatera. Jadi semakin baik penerapan teknologi informasi suatu perusahaan, maka semakin tinggi pula kinerja manajernya.

Jadi bagaimana? Setelah mengetahui manfaat-manfaat tersebut, apakah Anda masih ragu menerapkan teknologi di perusahaan Anda?

Referensi :

Simorangkir, Enda Noviyanti. 2013. Pengaruh Teknologi Informasi, Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Reward terhadap Kinerja Manajerial dengan Total Quality Management Sebagai Variabel Moderating Pada Pt. Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan. Tesis Magister Sains Jurusan Akuntansi Pada Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara, Medan.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *