Mengajarkan Programming Untuk Anak Anak

Mengajarkan Programming Untuk Anak Anak, wah wah, memang ya membahas soal Programing itu butuh waktu dan keseriusan untuk belajarnya sekaligus mengajarkanya, apalagi ditambah dengan bagaimana mengajarkan programing untuk anak anak.

menurut wikipedia, setidaknya saat ini setidaknya ada sekitar 700an bahasa pemrograman itu sendiri, lalu yang manakan yang menjadi bahasa pemrograman terbaik untuk diajakan ke anak anak ?. tentunya jika pertanyaanya seperti itu akan sangat sulit untuk dijawab.

Lalu, Bahasa Apakah yang Cocok Untuk diAjarkan ke Anak Anak ?

menurut saya, langsung memfokuskan bahasa pemrograman tertentu untuk menjadi bahan ajar sangatlah kurang baik, karena nantinya kita tidak tahu bahasa apa yang akan trend didunia dan ada kemungkinan bahasa pemrograman tertentu yang sudah terlanjur diajarkan tidak berguna untuk diimplementasikan.

setiap bahasa pemrograman memiliki arsitektur yang berbeda 1 dengan yang lainya, bahasa pemrograman itu memiliki cara kerja dan kerangka yang berbeda. TAPI……. ada 1 hal yang sama dari semua bahasa pemrograman, yaitu Algoritma Dasar Pemrograman.

Belajar Algoritma Dasar Pemrograman

saat ini banyak sekali metode yang dapat diajarkan sebagai dasar algoritma dasar pemrograman, nah setidaknya saya menemukan 10 Situs yang memiliki konten untuk mengajarkan pemrograman dasar.

CodingCamp.id

codingcamp
codingcamp

codingcamp ini dari Coding Indonesia, merupakan startUP yang berasal dari Indonesia. codingcamp mengajarkan berdasarkan Project Individual dengan tingkat kesulitan yang disesuiakan untuk kebutuhan anak dalam berbagai macam platform.

 

programan-yang-diajarkan-di-codingcamp
programan-yang-diajarkan-di-codingcamp

CODE.ORG

ilmu programing untuk pemula
ilmu programing untuk pemula

situs yang didirikan dari tahun 2013 ini di CEOin oleh om Ali Partovi dan Hadi Partovi, awalnya tutorial programing untuk komputer ini upload ke youtube, namun kemudian pindah ke website karena permintaan yang banyak.

Scratch

Scratch
Scratch dari scratch.mit.edu

Scratch ini di rancang untuk anak-anak usia 8 hingga 16 tahun. dengan menggunakan konsep Imagine, program dan share, dengan konspe ini memungkinkan penggunanya untuk berimajinasi, membuah sebuah projek dan membagikannnya ke komunitas langsung, jadi hasil yang ia kerjakan bisa langsung di lihat oleh komunitas itu sendiri.

Aplikasi Scratch  bisa di download gratis dan di gunakan dengan mudah. Cara menggunakannya cukup Drag and Drop balok-balok syntax yang telah di sediakan, hal ini berkonsep seperti puzzle untuk menghasilkan sebuah animasi, musik, game dan hal lainnya. Scratch sendiri sudah di gunakan di berbagai sekolah di penjuru dunia untuk mengenalkan dasar-dasar pemograman pada anak usia dini.

MadeWithCode

madewithcode
madewithcode

MadeWithCode sangat – sangat saya rekomendasika untuk belajar logika programing, owh ya, situs ini awalnya terbentuk karena “Less than 1% of high school girls study Computer Science”, itulah alasanya.

selain itu juga, belajar disini gratis lho, banyak project yang bisa membinging untuk belajar logikal, cukup hanya tinggal drag and drop obejek berikut variabelnya.

contoh belajar di madewithcode
contoh belajar di madewithcode

gimana keren kan tempat belajarnya, jadi saya rasa ga bakal kesulitan lagi kan jika mau belajar coding, semoga informasi Mengajarkan Programming Untuk Anak Anak ini membantu kamu ya.

4 comments on “Macam Macam Lisensi yang Ada Di Open Source

  1. Ariq Naufal
    December 27, 2016
    Reply
    • ipurwae
      January 12, 2017
      Reply
  2. Dawud Tan (陳大衛)
    January 12, 2017
    Reply

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *