Peranan Teknologi Dalam Membantu Petani Di Wilayah Pedesaan

Kita ketahui bahwa di zaman modern seperti saat ini penggunaan teknologi sangat berperan penting dalam berbagai sektor kehidupan manusia, baik pada sektor pendidikan, layanan jasa, perdagangan, maupun pertanian. Dalam sektor pendidikan teknologi sangat berperan dalam membantu meningkatkan semangat siswa untuk belajar begitupun dalam sektor layanan jasa atau pemasaran, penggunaan teknologi sangat berpengaruh guna meningkatkan pendapatan dan meningkatkan konsumen apalagi teknologi internet yang mencakup berbagai segi masyarakat sehingga dalam proses pemasaran akan semakin luas.

peranan teknologi dalam membantu petani

peranan teknologi dalam membantu petani

Pengaruh penggunaan teknologi pada sektor pemasaran hampir sama dengan pengaruh penggunaan teknologi pada sektor perdagangan yaitu sama-sama untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan jumlah konsumen. Sementara itu peranan teknologi dalam membantu petani terutama di wilayah pedesaan sangatlah banyak mengingat masyarakat pedesaan yang mayoritas masih menggunakan cara-cara tradisional dalam mengelola pertanian.

Cara-cara tradisional yang dilakukan petani pedesaan dalam menegelola pertanian memakan waktu yang cukup lama berbeda ketika para petani menggunakan teknologi modern,

peranan teknologi dalam membantu petani mengelola pertaniannya

Mempermudah petani dalam mengelola pertanian, hal ini merupakan peranan yang paling utama sebab dengan keberadaan teknologi terutama teknologi modern petani dapat dengan mudah dalam mengelola pertanian seperti contoh adanya traktor akan mempermudah petani membajak sawah dan hanya memerlukan waktu yang singkat.

Sebagai sumber informasi, dengan menggunakan teknologi internet para petani dapat memperoleh informasi yang terkait dengan keberhasilan dalam dunia pertanian namun hal ini terlebih dahulu diadakan sosialisasi dari pihak yang bersangkutan seperti dinas pertanian kepada para petani di pedesaan dan terlebih dahulu memperhatikan jaringan internet yang ada di desa tersebut.

Meningkatkan penjualan produk, teknologi juga berperan dalam meningkatkan penjualan produk bagi petani. Dengan menggunakan teknologi seperti kendaraan baik sepeda motor maupun mobil angkutan pertanian diharapkan penjualan dari petani ke penjual di pasar akan mudah dan meningkatkan pendapatan.

Meningkatkan produksi pertanian, selain meningkatkan penjualan peranan teknologi juga dapat meningkatkan produksi pertanian karena memerlukan penggunaan bahan-bahan dan alat-alat produksi khusus seperti bibit, pupuk, pestisida, makanan, obat pertanian dan perkakas yang digunakan dalam sektor pertanian.

Banyaknya peranan teknologi dalam membantu petani mengelola pertanian harus diperhatikan bukan hanya oleh dinas pertanian melainkan bagi para mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan pertanian. Karena mahasiswa tentu lebih mengetahui dan lebih faham penggunaan teknologi daripada para petani di pedasaan itu sendiri namun hal ini semakin jarang ditemukan kebanyakan dari para mahasiswa tersebut lebih memperhatikan diri mereka sendiri mereka kurang melihat bahwa banyak sekali petani-petani di pedesaan yang mengharapkan ilmu para mahasiswa tersebut. Sebenarnya bukan hanya mahasiswa pertanian,siapapun yang berpendidikan pasti memahami teknologi maka hal yang sama pun diharapkan kepada para kaum intelektual untuk dapat bersedia membagi ilmunya kepada para petani di pedesaan.

Bagi pemerintah, mengetahui peranan teknologi dalam membantu petani dengan sangat diperlukannya teknologi dalam sektor pertanian guna meningkatkan produksi pertanian yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat diharapkan pemerintah dapat mensubsidi alat-alat teknologi tersebut sehingga petani tidak perlu mengeluarkan biaya cukup tinggi untuk membeli alat-alat tersebut, alangkah lebih baik lagi jika pemerintah mengirim utusan-utusan masyarakat yang memiliki pengetahuan dalam bidang pertanian ke pedesaan guna membimbing petani-petani disana dalam memanfaatkan teknologi dan mensosialisasikan cara-cara mengolah pertanian yang baik dan benar serta mengefektifkan waktu pertanian.

Jika petani-petani dapat menggunakan teknologi dengan baik maka akan berdampak pada hasil yang diperoleh, hasil pertanian di indonesia akan meningkat sehingga indonesia tidak perlu lagi mengimpor hasil pertanian dari luar negeri. Hasil pertanian dalam negeri dapat meningkatkan pemasukan kas negara selain itu dapat meminimalisir tingkat ketergantungan pada negara lain, hasil pertanian yang diperoleh dari negara sendiri juga cenderung lebih sehat karena tidak memerlukan waktu yang lama dalam penyimpanan. Semakin lama hasil pertanian disimpan maka semakin tinggi tingkat bahan pengawet yang terdapat pada hasil pertanian tersebut hal ini akan berdampak pada penyakit yang akan berpindah ke tubuh manusia yang mengkonsumsinya.

Jika pemerintah tetap memaksa mengimpor hasil pertanian dari luar negeri maka pertanian di indonesia akan mengalami kerugian.

Leave a Reply