Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Beriklan di Perangkat Mobile

Penggunaan teknologi smartphone yang semakin menjamur memberikan peluang yang besar bagi para pengembang aplikasi untuk menghasilkan uang dengan cara menyisipkan iklan. Pengiklanan dengan media perangkat mobile atau biasa disebut mobile advertising ini dapat berupa gambar atau iklan yang berisi informasi singkat mengenai produk yang diiklankan.

perhatikan 5 hal ini sebelum beriklan di perangkat mobile

perhatikan 5 hal ini sebelum beriklan di perangkat mobile

Mobile advertising ini dinyatakan lebih efektif daripada pengiklanan konvensional yang tidak tertarget, namun seringkali para pengiklan maupun pengembang aplikasi tidak memperhatikan kenyamanan para calon konsumen. Salah satu contoh dari iklan yang mengganggu yaitu ketika kita menjalankan suatu aplikasi smartphone lalu muncul iklan pada setiap sisinya. Pengiklanan melalui short message service (SMS) yang dilakukan terlalu sering juga dapat menyebabkan pengguna merasa terganggu.

Lalu Bagaimana Cara Beriklan yang Baik pada Perangkat Mobile?

Sebelum memutuskan untuk beriklan di perangkat mobile, Anda sebaiknya memperhatikan hal-hal yang dapat mempengaruhi sikap calon konsumen anda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Hidayat dkk (2016) terdapat lima faktor yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap mobile advertising, yakni :

Hiburan

Iklan yang menghibur dapat menarik perhatian konsumen sehingga pesan yang disampaikan dapat dipahami dengan baik karena diterima ketika konsumen berada dalam keadaan senang. Caranya? Mengadakan sebuah kuis atau cukup dengan menggunakan kata-kata lucu.

Informatif

Iklan yang baik mengandung informasi yang jelas dan pada waktu yang tepat. Percuma kan kalau jualan payung pada musim kemarau?

Iklan yang Mengganggu

Seperti yang telah disebutkan pada awal artikel ini, iklan yang mengganggu dapat membuat calon konsumen merasa kesal dan menimbulkan persepsi negatif terhadap iklan yang kita tayangkan. Oleh karena itu perhatikan baik-baik penempatan iklan serta perhatikan pula kata-kata yang digunakan supaya tidak ada calon konsumen yang tersinggung.

Kredibilitas Iklan

Kredibilitas iklan diartikan sebagai kepercayaan calon konsumen terhadap kebenaran informasi yang terkandung di dalam iklan. Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen biasanya para pengiklan menggunakan desain iklan yang profesional.

Referensi Pembelian

Pastikan iklan yang Anda jalankan memuat informasi yang bermanfaat dan menyasar target audiens yang tepat. Jika produk Anda berupa obat jerawat, jelaskan penyebab jerawat terlebih dahulu baru tawarkan produk Anda.

Setelah mengetahui 5 faktor tersebut, sudah siapkah Anda untuk melakukan mobile advertising dalam waktu dekat?

Referensi :

Hidayat, A.R. and Kumadji, S., 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Konsumen Terhadap Mobile Advertising (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2012/2013 Universitas Brawijaya yang Menggunakan Aplikasi Media Sosial LINE). Jurnal Administrasi Bisnis, 35(1), pp.137-145.

Leave a Reply