Petani Mengeluh Kenapa Harga Pupuk Masih Mahal

Pupuk adalah suatu bahan yang mengandung unsur hara yang penggunaannya sebenarnya tidak terlalu diperlukan pada tanaman, masyarakat khususnya petani banyak yang menggunakan pupuk hal ini lah yang menjadikan kenapa harga pupuk masih mahal dan terus bertambah mahal. sebab tanaman dapat mengambil unsur hara langsung dari tanah. Namun tanah yang dimaksud adalah tanah yang sehat dengan kualitas baik, bukan tanah yang tercemar berbagai limbah.

kenapa harga pupuk masih mahal

kenapa harga pupuk masih mahal

kenyataannya saat ini sulit sekali menemukan tanah yang sehat dan berkualitas baik mengingat berbagai macam pembangunan yang sudah masuk ke pedesaan pembangunan ini dapat merusak ekosistem dan kualitas tanah. Apalagi sekarang penggunaan plastik terus meningkat menyebabkan angka pencemaran tanah semakin tinggi, pencemaran yang terjadi disebabkan oleh ulah manusia sendiri seperti kebocoran limbah pabrik, penggunaan bahan-bahan kimia yang langsung dibuang ke tanah (ilegal) dan penimbunan sampah. Sampah disini adalah sampah plastik, sampah plastik sangat sulit untuk diuraikan dan mengandung logam berat yang dapat mengganggu kesehatan manusia serta merusak kualitas tanah disekitarnya.

Pupuk itu sendiri selain mengandung unsur hara juga mengandung unsur lain sepeti:

  1. Zat pembawa.
  2. Senyawa-senyawa lain berupa impurities yang jumlahnya relatif sedikit.
  3. Bahan coated,bahan yang melapisi pupuk dengan maksud agar pupuk mempunyai nilai lebih baik seperti nilai higroskopisnya lebih rendah,puuk yang memiliki bahan coated harganya relatif lebih mahal dari pupuk yang tidak berbahan coated.
  4. Filter,pupuk majemuk yang kadarnya tinggi sering diberi filter agar ratio fertilizernya dapat tepat sesuai dengan apa yang diinginkan dan agar mudah disebar secara merata.
kandungan unsur hara di pupuk pupuk

kandungan unsur hara di pupuk pupuk

Alasan Kenapa Harga Pupuk Masih Mahal

Penggunaan beberapa dari unsur-unsur itulah yang menyebabkan kenapa harga pupuk masih mahal. Seperti penggunaan bahan coated yaitu bahan yang melapisi pupuk penggunaan bahan ini memakan biaya yang mahal, apabila sebuah puuk memakai bahan ini maka akan berpengaruh pada harga pupuk secara keseluruhan yang akan menjadi lebih tinggi, namun tingginya harga pupuk yang memakai bahan ini sebanding dengan kualitas pupuk yang baik.

kenapa pupuk bersubsidi mahal

kenapa pupuk bersubsidi mahal

Salah satu alasan lagi kenapa harga pupuk masih mahal adalah karena kualitas tanah yang buruk sehingga banyak para petani maupun orang-orang yang memiliki pertanian mencari pupuk dengan kualitas terbaik agar tanaman mereka tidak rusak dan mati, permintaan masyarakat yang tinggi inilah yang menyebabkan harga pupuk mahal. Di samping itu permainan dana yang dilakukan pihak pengecer pun menjadi penyebab mahalnya harga pupuk, harga pupuk yang diberikan agen sebenarnya tidak mahal berbeda dengan harga pupuk yang diedarkan pengecer, pengecer mengambil banyak keuntungan dari penjualan pupuk.  Memasuki musim tanam, banyak petani yang mengeluhkan keterlambatan distribusi pupuk pemerintah sering menegur pihak-pihak yang menjadi oknum penyebab keterlambatan pendistribusian  pupuk ke petani, bagi petani-petani besar harga pupuk yang tinggi tidak menjadi masalah asalkan sebanding dengan kualitas tanaman yang dipanen dan tidak mengalami keterlamabatan pemasokan karena akan menghambat proses kerja petani namun bagi petani-petani kecil di pedesaan, harga pupuk yang tinggi sangat memberatkan mereka karena tidak sesuai dengan pendapatan mereka yang rendah jika harga pupuk terus melonjak para petani kecil akan mengalami kerugian karena pendapatan mereka akan habis hanya untuk membeli pupuk.

Kesimpulannya, kenapa harga pupuk masih mahal karena dipengaruhi oleh beberapa faktor:

  1. Kualitas pupuk, semakin bagus kualitas sebuah pupuk maka akan semakin pula harga yang ditawarkan.
  2. Adanya permainan dari pihak pengecer pupuk.
  3. Keterlambatan distribusi pupuk di beberapa daerah yang menyebabkan kelangkaan.

Sebagai pengganti pupuk pabrik yang harganya semakin tinggi, petani dapat mengakalinya dengan mengganti menggunakan kotoran hewan ternak yang banyak dijumpai di sekitar, seperti kotoran sapi, kerbau maupun ayam. Selain mudah didapatkan dimana-mana harganya pun jauh lebih murah bahkan jika masyarakat mempunyai sendiri hewan-hewan tersebut tidak diperlukan lagi biaya dalam pemungutan kotoran hewan, cukup mengambilnya dari kandang dan langsung menjadikannya pupuk alami selain kotoran hewan, sampah organik pun dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami seperti sampah dedaunan dan sampah-sampah dapur seperti kulit buah-buahan.

jika dibandingkan dengan pupuk buatan pabrik harga pupuk alami ini cenderung lebih murah, petani harus pintar memutar akal dan memanfaatkan peluang yang ada.

Leave a Reply