Penerapan Teknologi Terbaru Yang Dapat Membantu Siswa Belajar Untuk Usia Sekolah Menengah Pertama

Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang terus menerus, belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon seseorang yang mengalami perubahan tingkah laku setelah mengalami latihan terus-menerus barulah dikatakan ia telah mengalami proses belajar.

Evaluasi  seorang guru dalam memberikan materi pembelajaran kepada murid

  1. Keadaan intelegensi siswa, pemberian materi harus disesuaikan dengan keadaan intelegensi siswa jangan sampai proses dan cara pembelajaran yang diberikan antara anak yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi disamakan dengan anak yang memiliki tingkat kecerdasan rendah bahkan disamakan dengan anak yang memiliki kecerdasan di bawah rata-rata.
  2. Karakteristik siswa, karakteristik siswa yang berbeda-beda menjadi pegangan penting bagi seorang guru beberapa siswa mungkin memiliki karakteristik unik dibandingkan siswa pada umumnya sehingga dalam memberikan materi pembelajaranpun diperlukan ketrampilan khusus.
  3. Keadaan psikologis siswa, seorang guru harus dapat memahami keadaan psikologis siswa apakah siswa tersebut mengalami tekanan atau baik-baik saja.
  4. Perkembangan siswa, dalam proses belajar seorang guru harus mengetahui perkembangan peserta didik yang akan dihadapi apakah seorang siswa sekolah dasar,menengah pertama,ataukan menengah atas

Hal-hal tersebut perlu diperhatikan bagi seorang guru guna memberikan proses pembelajaran yang tepat ataupun jika ingin menerapkan teknologi terbaru yang dapat membantu siswa belajar.

Penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar baik di sekolah maupun di luar sekolah,baik formal maupun informal sangat membantu agar siswa dapat lebih memahami materi yang disampaikan guru. Berbagai macam teknologi sudah mulai diterapkan.

contoh teknologi terbaru yang dapat membantu siswa belajar untuk usia sekolah menengah pertama

penggunaan virtual reality untuk belajar
ilustrasi penggunaan virtual reality untuk belajar. sumber : touchstoneresearch.com

Virtual Reality, yaitu suatu teknologi yang dapat membuat pengguna nya berinteraksi dengan suatu lingkungan yang menggunakan media perantara simulasi komputer. Virtual Reality atau yang biasa disebut VR ini biasanya digunakan pada dunia gaming namun saat ini sudah mulai digunakan dalam dunia pendidikan,seperti digunakan untuk materi mengenai perubahan cuaca dapat dipraktikkan langsung melihat menggunakan VR, teknologi VR ini merupakan teknologi terbaru yang sedang booming pada tahun 2016 ini.

penggunaan 3d print untuk belajar
ilustrasi penggunaan 3d print untuk belajar. sumber : MakerBotReplicator

3D Printing, adalah proses membuat objek fisik tiga dimensi berdasarkan gambaran dari sebuah file, objek yang dihasilkan berwujud 3 dimensi,menggunakan metode ini membuat siswa akan lebih mengerti dan proses belajar akan berlangsung menyenangkan.

penggunaan perpustakaan digital untuk belajar
ilustrasi penggunaan perpustakaan digital untuk belajar. sumber : goodereader.com

Perpustakaan digital, jika pada umumnya perpustakaan yang banyak ditemui di sekolah-sekolah adalah hanya berupa sebuah ruangan dengan buku-buku maka hal ini akan berbeda dengan perpustakaan digital,dalam perpustakaan digital ini tidak terbatas hanya pada buku tetapi juga kepustakaan digital seperti suara dan gambar perpustakaan seperti ini tentu sangat menarik bagi siswa sekolah dasar karena siswa tidak akan merasa jenuh membaca.

Penggunaan teknologi terbaru yang dapat membantu siswa belajar tersebut cukup efektif namun penggunaannya di Indonesia terkendala oleh biaya, biaya yang diperlukan untuk membuat atau membeli teknologi tersebut sangatlah mahal, sehingga tak semua sekolah mampu memilikinya bahkan pemerintah pun tak sepenuhnya memfasilitasi sekolah-sekolah dengan tekonologi seperti itu hanya sekolah-sekolah bonafit yang mampu membeli teknologi seperti itu seperti sekolah-sekolah international yang ada di kota-kota besar. Padahal penggunaan teknologi seperti itu sangat diperlukan semua lapisan dunia pendidikan baik usia sekolah dasar, menengah pertama maupun menengah atas.

Hal ini harusnya menjadi perhatian khusus bagi pemerintah untuk menunjang keberhasilan belajar masyarakat, sebab menggunakan teknologi terbaru yang dapat membantu siswa belajar akan berdampak meningkatkan semangat dan motivasi siswa itu sendiri sehingga kesan belajar yang selama ini membosankan, mengantuk, rumit dan tidak menyenangkan akan hilang dengan penggunaan teknologi seperti itu.

Siswa yang semula malas belajar diharapkan dengan hadirnya teknologi-teknologi terbaru dalam dunia pendidikan akan mampu meminimalisir angka masyarakat yang putus sekolah tentu dengan bantuan pemerintah sehingga biaya yang harus dikeluarkan para orang tua tidak terlalu besar dan memberatkan, jika hal ini terjadi maka teknologi yang semula berfungsi meningkatkan motivasi belajar siswa akan berbalik fungsi karena biaya yang harus dikeluarkan orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya semakin mahal.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *