Ini dia Beberapa Tips Meningkatkan Sinyal WiFi

Ada beberapa tips meningkatkan sinyal Wifi yang bisa anda terapkan untuk memudahkan seluruh pekerjaan yang membutuhkan internet. Apalagi tips seperti ini sangat mudah dilakukan dan menggunakan pengaturan yang cukup sederhana. Namun, hal penting yang harus anda pertimbangkan adalah perangkat wifi dan teknologi yang diterapkan pada seluruh bagian perangkat biasanya memberikan pengaruh signifikan. Bahkan, kondisi cuaca hingga beberapa perangkat elektronik lainnya juga mempengaruhi kekuatan sinyal dari wifi yang anda inginkan. Berikut ini adalah beberapa tips meningkatkan sinyal Wifi yang bisa anda gunakan, seperti:

Beberapa Tips Meningkatkan Sinyal WiFi

tips meningkatkan sinyal wifi

tips meningkatkan sinyal wifi

Selalu gunakan teknologi wifi yang paling baru

Hingga saat ini terdapat pilihan jenis teknologi yang diterapkan pada perangkat wifi. Masing-masing dari jenis teknologi ini terdiri dari A, B, G N, dan AC. Anda harus tahu bahwa teknologi yang ditawarkan melalui A, B, dan G masih cenderung lambat karena mengadopsi pengaturan teknologi yang lama. Namun, anda harus memperhatikan penerapan tenknologi N yang diberikan pada perangkat wifi. Apalagi saat ini sudah banyak router wifi yang telah menerapkan teknologi N. saya kurang merekomendasikan untuk perangkat dengan teknologi AC, memang wifi jenis ini kecepatanya hingga 1300Mb, hanya saja saat ini harga dari perangkatnya masih sangatlah mahal. Semakin baru penerapan teknologi untuk router ini maka akan semakin mudah anda untuk mendapatkan sinyal wifi yang lebih baik.

Perhitungkan posisi perangkat wifi

Sebenarnya tips meningkatkan sinyal Wifi yang paling mudah anda bisa lakukan adalah dengan memperhitungkan posisi terbaik dari perangkat wifi. Apalagi bila ditempatkan di tembok, biasanya sinyal wifi akan mengalami gangguan sesuai dengan ketebalan tembok. Mungkin anda bisa menempatkan perangkat wifi ini di posisi yang tidak memiliki banyak penghalan. Sehingga perangkat wifi juga akan semakin baik menangkap sinyal. Selain itu, posisi penempatan dari perangkat wifi ini biasanya juga dipengaruhi terhadap beberapa perlengkapan elektronik. Kualitas sinyal yang dibutuhkan perangkat wifi ini akan dipengaruhi terhadap radiasi yang dimunculkan beberapa perangkat elektronik lainnya. Jangan menempatkan perangkat wifi berdekatan dengan perangkat elektronik yang mengeluarkan radiasi terlalu besar, seperti microwave. Bahkan, anda disarankan untuk lebih memilih perangkat router dengan dual band akan lebih mudah untuk pemindahan frekuensi.

Perhatikan channel yang akan digunakan

Channel yang digunakan pada perangkat wifi juga mempengaruhi terhadap sinyal yang ditangkap. Bila di sekitar lokasi anda terdapat banyak pengguna router, hal ini akan memberikan kondisi yang cukup buruk. Apalagi sinyal yang terdapat di lokasi anda akan dipengaruhi terhadap jumlah pengguna router dan perangkat yang digunakan. Mungkin anda bisa mempertimbangkan beberapa pilihan channel yang cukup baik dalam menerima sinyal wifi. Anda bisa menggunakan aplikasi atau software seperti inSSIDer untuk melakukan pemeriksaan terhadap channel yang masih kosong.

Lakukan pembatasan Bandwidth

Koneksi internet yang sangat cepat biasanya juga tergantung dari jumlah user yang menggunakan perangkat ini. Apalagi saat ini ada banyak perangkat router yang memudahkan banyak orang untuk menjangkau. Semakin banyak orang yang menggunakan perangkat wifi ini, biasanya koneksi yang disediakan juga akan semakin lambat. Untuk menghindari kebocoran bandwidth pada perangkat wifi, mungkin anda bisa menerapkan pengendalian bandwidth untuk setiap user. Bahkan, anda juga bisa melakukan pembatasan dengan menerapkan tambahan password.

Anda bisa menggunakan DD-WRT Firmware

halaman dd wrt

halaman dd wrt

Pilihan lain dari tips meningkatkan sinyal Wifi biasanya akan menggunakan tambahan pengaturan melalui perangkat yang digunakan. Beberapa pengguna wifi biasanya menyarankan untuk menggunakan software tambahan seperti DD-WRT Firmware. Software ini bisa digunakan untuk melakukan perubahan sistem secara paksa pada router agar mampu menangkap sinyal yang lebih tinggi dari ukuran normal. Tentu saja cara seperti ini memiliki resiko yang cukup berat. Namun, melalui cara seperti ini anda bisa mendapatkan tambahan penguatan sinyal wifi hingga 20 mW. Jangan khawatir, software ini menawarkan berbagai pilihan keamanan yang digunakan untuk melindungi perangkat router.

Anda bisa mencoba untuk menggunakan Wifi Repeater

contoh alat wifi repeater

contoh alat wifi repeater

Saat ini ada banyak pilihan perangkat tambahan yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan kualitas sinyal wifi yang lebih baik. Pilihan lain dari tips meningkatkan sinyal wifi dengan menggunakan repeater. Ada banyak wifi repeater yang bisa anda gunakan dengan berbagai desain dan model. Penggunaan perangkat ini juga cukup mudah. Perangkat ini bertujuan untuk menangkap sinyal yang berada di sekitar lokasi lalu meneruskan kembali ke perangkat wifi. Hal ini bisa dilakukan untuk meningkatkan sinyal dan memperlancar jaringan internet.

Leave a Reply